Pig Buchering Scam ala K-Drama

 



“Almost people here dreams about Korea.”

Itu kalimat pertama yang aku katakan setelah seseorang yang “mengaku” bernama Kim dan berasal dari KBK mengirimi DM IG. KBK, Kuria Belah Kidul. Awalnya nanya dimana aku berfoto.

.

Kalaupun akun IG-nya janggal, you know lah, karena baik hatinya aku, maka lanjutlah chat kita sampai ke Wa...wkkk

.

Menggambarkan diri sebagai perempuan muda cantik, sukses, punya pabrik garmen, bisnis ekspor impor, dan hidup dalam gaya yang super glamor tapi dermawan, dengan murah hatinya dia rajin menyapaku, mengabari dia makan apa, sampai show up beli tas LV buat kado ultah sepupunya. Keren amat manejemen waktunya, ya? Terus, apa aku sepenting itu? Huehe...

.

Awalnya seneng-seneng aja, kan pertama punya temen dari luar planet. Terlebih dari KBK tadi, dulu aja aku pengen beli salah satu personil snsd buat pajangan ruang tamu...wkkk

.

Cuma kalo dipikir logis, makin banyak anehnya, sih! Dengan gaya yang wah, Si Kim ini tampak begitu kepo sama penghasilanku, kerjaan istri, dan lalu menyarankanku ikut investasi crypto currency. CEO apa sales asuransi sih kamu, Kim?

.


Makin aneh lagi, karena jika diajak VC, dia nolak terus dengan alasan trauma sama cowok yang udah nyakitin dia. Drama banget pokoke! Padahal aku minta VC bareng istri sama anak-anak, loh! Kan asik buat konten, jiwa cuanku bergelora. Haha... Bahkan waktu aku nggk sengaja mencet tombol call, dia langsung marah-marah, dong! Yey!

.

Yo wis... it’s my turn! Dari sana aku bales aja sama bersombong lagi dinner, mau ngerjain proyek gede, dan respon dia sambil becanda. Ngingetin dia sarapan “boled” sampai ajak dia diskusi soal ikan jaer. “Go to the fish and research center!” jawabnya kesal. Lah...wkkk

.

Lama dirasa, buang waktu juga, ya! Mana harus mikir keras chatting pake bahasa inggris kan, ya! Meski alakadarnya juga kan effort. Hadeuh... akhirnya, kala nemua celah, aku putusin gertak dan ceramahin dia soal “pig butchering scam”. Tapi kerennya, dia tetap aja cool dan masih berusaha jelasin kalo aku salah soal investasi crypto yang dia tawarin. Meski akhirnya pergi juga, sih!

.

Akhir drama, aku nggak bisa ngasih apa-apa buat Si Kim ini selain pesan terakhir agar dia cari kerjaan lain dan nggak ganggu orang sibuk seperti aku! Haha...

.

Fyi, Pig Buchering Scam adalah modus penipuan dengan upaya manipulasi psikologis korban buat investasi di platform cryptocurrency bodong. Ok, saya yakin teman-teman bisa berpikir logis untuk tidak berinvestasi di tempat yang nggak jelas; cuma udah banyak juga korban, ternyata. Melansir beberapa pemberitaan, bahkan ada saudara kita di sini yang udah tertipu sampai lebih dari 500 juta rupiah dari modus ini.

.

Sharing aja, jika teman-teman nemu model seperti di atas, tetaplah logis, respon seperlunya atau nggak perlu direspon, malahan. Nggak penting juga itu! Kerajinan we aku mah...wkkk

.

Satu lagi, kalaupun ngebet banget banyak duit, bekerja keraslah di sektor logis ya, Teman-teman! Nggak ada dramanya orang tetiba bagi profit cuma-cuma, terlebih dia itu orang asing. Terus, jikapun usaha kita belum memberi hasil maksimal, nikmati dan bahagialah dengan apa yang kita punya.

~Yakinlah, apapun kondisi kita, itu adalah impian bagi banyak orang lainnya!~ Sarangbeo...

.

Andris Susanto,

Bandung, 19062023



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketawa Karir

Prinsip-Prinsip Penilaian Aset / Properti

3 Metode Pendekatan Penilaian Properti Beserta Kekurangan dan Kelebihannya